Pertemuan 12 (Demokrasi Dalam Ketatanegaraan Republik Indonesia)

DEMOKRASI TELAH MENJADI ISTILAH YANG DIAGUNGKAN DALAM SEJARAH PEMIKIRAN MANUSIA TENTANG TATANAN SOSIO-POLITIK  YANG IDEAL. BAHKAN, DEMOKRASI DINYATAKAN SEBAGAI NAMA      YANG PALING BAIK DAN WAJAR UNTUK SEMUA SISTEM ORGANISASI YANG DIPERJUANGKAN OLEH PENDUKUNG-PENDUKUNG YANG “BERPENGARUH”.

KEDUDUKAN SENTRAL DEMOKRASI BAHKAN SEMAKIN MENGUAT DIIRINGI DENGAN KONSEP, SEPERTI: HUMAN RIGHTS, CIVIL SOCIETY, MAUPUN KONSEP GOOD GOVERNANCE, YANG MENEGAS-KAN POSISI TEORI DEMOKRASI SEBAGAI KONSEP TERBAIK YANG PERNAH DICAPAI OLEH PEMIKIRAN MANUSIA.KUATNYA DEMOKRASI BELUM DPT TERGOYAHKAN SECARA FILOSOFIS, SOSIOLOGIS, MAUPUN DALAM FORMAT YURIDIS KETATANEGARAAN .
DEMOKRASI DIPERCAYAI SEBAGAI GAGASAN UNIVERSAL YANG DAPAT DITERIMA DALAM RAGAM PERSPEKTIF.

PERKEMBANGAN DEMOKRASI DI INDONESIA
SEJALAN DENGAN  BERKEMBANGNYA PENGERTIAN & PAHAM SERTA ASAS DEMOKRASI YANG DIANUT OLEH SUATU NEGARA, MAKA PERKEMBANGAN SEKARANG, DEMOKRASI TIDAK HANYA MELIPUTI BIDANG PEMERINTAHAN ATAU POLITIK SAJA, TELAH  MELIPUTI JUGA DI BIDANG LAIN, SEPERTI: BIDANG EKONOMI, SOSIAL BUDAYA DAN PERTAHANAN KEAMANAN.

ISI DEMOKRASI PANCASILA
PELAKSANAAN DEMOKRASI HARUS BERDASARKAN ATAS PANCASILA   DAN PENJABARAN LEBIH LANJUT TERTUANG DALAM BATANG TUBUH (Pasal-Pasal) UUD 1945,
2. DEMOKRASI, HARUS MENGHARGAI HAM SERTA MENJAMIN HAK-HAK MINORITAS, BAIK BERDASARKAN KELOMPOK ATAU KEKUATAN SOSIAL POLITIK.          DEMOKRASI SEBAGAI MAJORITY RULE HARUS MENGINGAT AKAN MINORITY RIGHTS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s