Quiz Statistik Deskriptif

1. Berikan penjelasan secara singkat apa yang dimaksud dengan :
A. Rata-rata hitung, median, modus
B. kuartil, Desil, Presentil
2. Uraikan kelebihan dan kekurangan dari rata-rata hitung, median, modus. Mengapa rata-rata hitung paling banyak digunakan dalam praktek analisis data dalam penelitian!
3. Nilai mahasiswa untuk mata kuliah fisika ditentukan oleh komponen hasil tes pada praktikum dilaboratorium, kuliah, dan keaktifan mahasiswa dikelas. Jika seorang mahasiswa memperoleh nilai praktikum sama dengan 75, kuliah sama dengan 65 dan keaktifan dikelas sama dengan 75, sedangkan bobot untuk ketiganya masing-masing adalah 2, 4 dan 5. Tentukan nilai akhir mahasiswa tersebut dengan menggunakan rata-rata hitung.
4. Nilai ujian program linier dari 10 mahasiswa, masing-masing sebagai berikut :
40, 70, 60, 75, 65, 80, 90, 45, 50, 95 Berapa besarnya median dari nilai ujian program linier tersebut!
5. Misalnya X adalah upah bulanan karyawan sebuah perusahaan yang dibulatkan menjadi ribuan rupiah. Ada 40 orang karyawan yang sedang diselidiki dan besarnya upah bulanan dalam ribuan rupiah adalah:
146 147 147 148 149 150 150 152 153 154
156 157 158 161 163 164 165 168 173 176
119 125 126 128 132 135 135 135 136 138
138 140 140 142 142 144 144 145 145 146
Berapa besarnya nilai median upah karyawan tersebut!
Jawab….
1)
A. – Mean atau disebut juga dengan rata-rata adalah angka yang diperoleh dengan membagi jumlah      nilai-nilai (X) dengan jumlah individu (N).
  – Median atau disebut juga rata-rata letak.
 – Modus adalah nilai data yang paling banyak muncul atau nilai data yang mempunyai frekuensi paling  besar.

 

B. – kuartil adalah suatu index yang dapat membagi suatu distribusi data menjadi empat bagian.

 

    – Desil adalah suatu index yang membagi suatu distribusi data menjadi 10 bagian atau kategori.
  – Presentil adalah suatu index yang dapat membagi suatu distribusi data menjadi 100 bagian atau kategori.
2.  Karena Pengolahan data lebih sederhana dalam proses mengartikan data-data lapangan sesuai dengan tujuan, rancangan, dan sifat penelitian. Misalnya dalam rancangan penelitian kuantitatif, maka angka-angka yang diperoleh melalui alat pengumpul data tersebut harus diolah secara kuantitatif, baik melalui pengolahan statistik inferensial maupun statistik deskriptif. Lain halnya dalam rancangan penelitian kualitatif, maka pengolahan data menggunakan teknik non statitistik, mengingat data-data lapangan diperoleh dalam bentuk narasi atau kata-kata, bukan angka-angka.
3. Nilai Akhir Mahasiswa = (75×2 + 65×4 + 75×5) : (2 + 4 + 5)
= (150 + 260 + 375 ) : (11)
= 785 : 11
= 71,36
4. Median = 10 : 2 = 5,5
Urutan 5 dan 6 = (65 + 70) : 2
= 135 : 2
= 67,5
5. 119, 125, 126, 128, 132, 135, 135, 135, 136, 138, 138, 140, 140, 142, 142, 144, 144, 145, 145, 146, 146, 147, 147, 148, 149, 150, 150, 152, 153, 154, 156, 157, 158, 161, 163, 164, 165, 168, 173, 178
 Median = 146
B. Mdn = Bb + (1/2N – fkb : fd) x i
= 229,5 + (20 – 7 : 8) x 10
= 245,75

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s